Pembelajaran di masa pandemi sangat menguras energi. Berbagai inovasi harus dilakukan supaya pembelajaran tetap bisa dilaksanakan. Saat ini dikenal beberapa aplikasi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh secara tatap muka, diantaranya Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams. Aplikasi-aplikasi tersebut banyak digunakan karena bisa menampung banyak orang sekaligus dalam satu waktu.
Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman menggunakan Aplikasi Microsoft Teams dalam kegiatan rapat online.
Berikut beberapa fitur dalam Microsoft Teams:
1. Rapat di Teams bisa disetting supaya bisa diikuti oleh semua orang tanpa harus menggunakan akun Microsoft, bahkan tanpa harus login terlebih dahulu.
Banyak yang belum mengenal akun Microsoft, sehingga untuk yang belum punya akun Microsoft akan sangat terbantu dengan adanya fitur ini karena akan langsung bisa mengikuti kegiatan pembelajaran secara tatap muka walaupun melalui online.
2. Dengan pengaturan di Teams, peserta rapat yang baru masuk ke Teams bisa langsung gabung tanpa harus di approve dulu oleh penyelenggara.
Dengan adanya fitur ini, penyelenggara bisa tetap fokus melakukan presentasi tanpa harus mengizinkan orang yang mau gabung ke meeting online karena peserta yang baru masuk bisa langsung bergabung dan mengikuti materi yang sedang dibahas.
3. Di Teams bisa diatur siapa saja yang bisa menjadi presenter sehingga bisa melakukan share screen, sedangkan yang sebagai peserta tidak bisa melakukan share screen.
Tentu sangat tidak nyaman ketika sedang melakukan presentasi namun tiba-tiba terhenti karena ada orang lain yang melakukan presentasi juga, sehingga tampilan yang muncul di peserta akhirnya bukan presentasi kita. Di microsoft teams bisa mengatur supaya orang lain hanya sebagai peserta sehingga tidak akan bisa melakukan share screen.
4. Mikrofon dan Kamera peserta Rapat di Teams bisa disetting dari penyelenggara apakah akan diaktifkan atau dinonaktifkan.
Terkadang ketika pelaksanaan rapat online peserta lupa untuk mematikan microfon dan kameranya, sehingga pemateri merasa terganggu atau terhenti sejenak karena meminta supaya yang lain mematikan microfon terlebih dahulu. Di Microsoft Teams terdapat fitur untuk mematikan kamera dan mikrofon sehingga peserta rapat tidak akan mengganggu jalannya presentasi dengan suara-suara yang ditimbulkan. Setelah masuk sesi tanya jawab, mikrofon peserta bisa diaktifkan kembali.
5. Daftar hadir selama pelaksanaan rapat di Teams sudah tersedia otomatis lengkap dengan catatan waktu ketika peserta mulai bergabung dan keluar dari rapat.
Walaupun dilakukan secara online, tapi bukti kehadiran sangat diperlukan untuk mengetahui sejauh mana peserta mengikuti kegiatan yang dilaksanakan. Di Microsoft Teams sudah ada fitur untuk langsung mendownload daftar hadir yang sudah tergabung ke dalam ruang rapat lengkap dengan catatan waktu masuk dan keluar dari room.
6. Peserta Rapat di dalam Teams bisa mencapai 300 orang.
Jika membutuhkan ruangan yang bisa menampung banyak peserta sekaligus, Microsoft Teams ini bisa menampung sampai 300 peserta dalam satu sesi meeting.
7. Peserta rapat di Teams yang masuk sebagai tamu atau tidak menggunakan akun organisasi, tidak bisa menulis atau membaca pesan yang ada di kolom chat.
Ketika melaksanakan rapat online di Microsoft Teams, peserta yang gabung tanpa menggunakan akun organisasi akan masuk sebagai tamu. Ada keterbatasan jika menggunakan akun sebagai tamu, yaitu tidak bisa membaca atau menulis pesan yang ada di kolom chat.
8. Teams bisa langsung dijalankan di browser tanpa harus install aplikasi ke komputer.
Untuk pengguna komputer bisa langsung masuk ke Teams menggunakan browser yang ada tanpa harus install aplikasi dulu. Sehingga tidak akan memberatkan komputer dengan banyaknya aplikasi yang diinstall.
9. Berdasarkan testimoni beberapa orang, penggunaan Teams untuk rapat online lebih hemat kuota.
Yang ini baru pernyataan dari beberapa orang. Bagaimana menurut Anda?
Silakan tulis di kolom komentar. ☺
إرسال تعليق